Pidato Wakil Presiden Yusuf Kala pada Penutupan Asian Games 2018

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutannya dalam penutupan Asian Games 2018 di GBK, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Wapres JK malam ini. Mewakili Presiden Jokowi yang tengah berada di Lombok, meninjau perkembangan terakhir pemulihan gempa di provinsi NTB tersebut.

Berikut pidato lengkap Wapres JK

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat Petang dan salam sejahtera bagi kita semua.
Para Hadirin di Stadion GBK, dan seluruh Masyarakat Indonesia yang saya cintai,
Excellencies, Ladies and Gentlemen.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
Pada malam penutupan Asian Games ke-18 ini, tiada ungkapan yang lebih indah dari kata Alhamdulillah, puji syukur kita semua kepada Allah SWT, Tuhan YME atas berkah kesuksesan pelaksanaan pesta olah raga se-Asia di Indonesia.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan, atas nama Pemerintah, penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran INASGOC di bawah pimpinan Saudara Erick Thohir, yang telah bekerja dengan sangat keras dan penuh dedikasi dalam mempersiapkan dan mengelola pelaksanaan Asian Games 2018.

Secara khusus saya ingin menyampaikan rasa dukacita mendalam atas berpulangnya empat staf Inasgoc pad saat menjalankan tugas, yaitu almarhumah Sdri. Maryama Gustam, almarhum Sdr. Goenardjo Gunawan, , Sdr. Rudi Hariadi dan Sdr. Fortius Siregar. Kita semua mendoakan semoga arwah mereka diterima di sisi Tuhan YME dan semoga keluarga yang ditinggalkan tetap tabah dan sabar. Amin.

Saudara-saudara sekalian,

Keberhasilan penyelengaran Asian Games ke-18 tidak akan tercapai tanpa kerja keras dari Menteri Koordinator Bidang PMK Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, dan Chef de Mission Indonesia Sdr. Syafrudin, Sdr. Ketua KOI dan Sdr. Ketua KONI berikut jajarannya, serta segenap pimpinan Cabang Olah Raga Indonesia.

Keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tidak terlepas dari dukungan penuh DKI Jakarta dan Palembang –Sumatera Selatan, serta Jawa Barat. Untuk itu saya sampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada para Gubernur ketiga propinsi tersebut beserta seluruh jajarannya.

Ungkapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh sponsor, baik dari kalangan swasta dalam dan luar negeri maupun BUMN, karena tanpa dukungan anda, Asian Games ini tidak akan terselenggara dengan sukses.

Tentunya kita semua jua sangat berterima kasih kepada Anak-anakku para Relawan atau Volunteers, yang telah bekerja dengan segenap ketulusan hati. Dengan keramahan dan dukungan kalian para atlet dari manca negara merasa seperti di rumah sendiri.Tanpa partisipasi anda, Asian Games ini jauh dari sempurna.

Jika dalam waktu sekitar satu tahun ini kita dapat mengikuti berbagai informasi tentang Asian Games, maka itu adalah hasil kerja para Jurnalis dan seluruh awak media, yang telah mengabarkan seluruh rangkaian kegiatan dari mulai persiapan, pembukaan, penyiaran semua pertandingan, sampai dengan penutupan.

Seluruh Asia dan dunia dapat menikmati semangat Asian Games 2018 ini berkat anda semua.
Terima kasih dan penghargaan saya juga kepada Pimpinan dan segenap aparat keamanan dari TNI dan Polri, yang telah berperan penting dalam memastikan seluruh rangkaian Asian Games 2018 berlangsung dengan lancar, aman dan tertib.

Tak lupa saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh penonton dan masyarakat, yang dengan antusias telah memberikan dukungan kepada seluruh Atlet yang berkompetisi. Yang turut berbagi semanga dan senyum di saat kemenangan maupun berbagi simpati di saat kekalahan.

Dukungan anda telah menebarkan energi yang luar biasa bagi kompetisi ini. Anda semua telah memberikan contoh kepada seluruh warga Asia, bahwa Indonesia merupakan warga dari keluarga besar Asia yang ramah dan bersahabat.

To all participating athletes from 45 countries and territories, I must also express my highest commendation and gratefulness. This party is made for you.

For each and every one of you. For your persistence and determination. Thank you for giving us the most beautiful competition. Thank you for giving us the thrilling moments. And thank you for giving us the strong spirit and energy of fair-play. You are the heroes of Asia.

Tentunya saya harus menyampaikan terima kasih dan penghargaan istimewa kepada seluruh Atlit Indonesia. Kerja keras dan perjuangan Anda semua telah mengharumkan nama bangsa.

Kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Indonesia, sekali lagi saya ucapkan selamat untuk kita semua, yang telah berhasil mewujudkan Asian Games ke-18 ini meraih tiga sukses: dari sisi Sarana dan Prasarana, dari sisi Penyelenggaraan, dan dari sisi Prestasi.

Ini adalah capaian prestasi tertinggi Indonesia dalam sejarah keikutsertaannya di Asian Games, dari peringkat 17 pada Asian Games ke-17 dengan 4 medali emas di Incheon, Korea Selatan – naik ke peringkat 4 dengan 31 medali emas di Jakarta kali ini. Semoga penyelenggaraan Asian Games 2018 ini menjadi momentum bagi kebangkitan olah raga nasional.

Capaian Indonesia dalam Asian Games ke-18 ini akan menjadi bagian penting dari sejarah. Oleh karenanya sangat penting untuk menjadikan momentum ini sebagai momen penguatan rasa persatuan dan jati diri bangsa, yang majemuk dan toleran, yang memiliki semangat juang tinggi untuk meraih kemajuan, kesejahteraan dan perdamaian bersama.

Hadirin yang saya muliakan,
Menutup sambutan ini, atas nama Panitia dan Pemerintah serta pribadi, saya mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 terdapat hal-hal yang kurang memuaskan, seperti ketersediaan kursi karena animo yg beitu besar melebihi ketersediaan kursi.

In closing, I wish you all “Selamat Jalan”- safe and nice trip back to your respective country and home.
Please do remember that Indonesians are your own brothers and sisters. So please come back to visit us.
Let us keep the positive Energy of Asia alive, and see you at the 19th Asian Games in Hangzhou (=hang cow), China in September 2022.

Dengan berakhirnya Asian Games ke-18 di Indonesia, marilah bersama-sama kita ucapkan “Alhamdulillahi rabbil ‘alamin”.

Terima kasih, Semoga Tuhan YME melindungi kita semua. May God bless all of us. Amiin.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul , http://www.tribunnews.com/pestaasia/2018/09/02/ini-pidato-lengkap-wapres-jk-dalam-penutupan-asian-games-2018?page=3.

 

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul , http://www.tribunnews.com/pestaasia/2018/09/02/ini-pidato-lengkap-wapres-jk-dalam-penutupan-asian-games-2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *