PIDATO; Pengertian, Tujuan & Jenis-jenis nya

Saudara-saudara, pembaca yang baik hatinya,

Terima kasih anda telah mempercayakan kepada saya untuk menjelaskan cara-cara praktis menyusun naskah pidato, baik pidato formal maupun informal.

Sebagaimana disebut di muka, keahlian menyusun pidato adalah keahlian yang tidak disengaja. Selama perjalanan hidup saya, karya saya menyusun pidato mungkin sudah ratusan atau bahkan mungkin lebih dari seribu naskah.  Itu semua terjadi begitu saja.

Pada awalnya para tokoh yang saya kenal itu mengenal saya sebagai penulis buku dan artikel. Mereka juga mengenal saya pandai menyusun surat penting, risalah rapat dan kemudian menyusun naskah sambutan dan pidato.

Kenapa mereka mempercayakan kepada saya untuk menyusun pidato? Salah satunya karena saya dapat mengerjakan penyusunan naskah tersebut dalam waktu singkat. Mereka juga menganggap saya dapat cepat memahami kemauan mereka.

Saya bertanya pada diri sendiri, mengapa saya bisa menyusun naskah sambutan dengan cepat? Tidak lain karena saya memiliki rumus sederhana dalam menyusun pidato. Selain itu juga karena pengalaman yang berulang-ulang telah membuat saya semakin ahli.

E-book ini saya susun untuk membantu anda menyusun sambutan yang baik. Saya sengaja bukan dalam bentuk buku cetak, karena dengan format e-book, anda langsung dapat melakukan copy paste  contoh sambutan yang saya sediakan dan kemudian memodifikasi agar sesuai tema acara. Gampang kan? Tapi jangan copy mentah-mentah, nanti akan ditertawakan audience lho hehehe. Nah, nantinya kalau anda sudah ahli, tidak perlu copy paste lagi. Anda sudah hafal pola susunan naskah sambutan.

Sebelum membahas lebih jauh rahasia menyusun pidato dengan cepat, mari kita review dulu ada itu pidato, tujuan pidato serta jenis-jenis pidato. Dengan memahami itu semua, maka kita akan lebih mudah belajar menyusun pidato yang menggugah hati para audience.

Pengertian Pidato

Para pembaca yang baik hatinya,

Menurut sebuah referensi,  pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Kita tentu tidak asing dengan istilah-istilah ini;  pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Itu semua adalah ucapan atau komunikasi yang disusun dengan persiapan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif  bagi orang-orang yang mendengarnya. Bahkan bukan hanya kesan positif, untuk pidato-pidato tertentu dapat membakar semangat dan menggiring audience melakukan sesuatu. Ingat pidato Bung Karno tentang Ganyang Malaysia, Pidato Bung Tomo untuk merebut kemerdekaan dan sebagainya.

Untuk dapat berpidato dengan baik, seorang tokoh harus memiliki materi atau naskah pidato yang berkualitas dan memiliki kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik .

Tujuan Pidato

Pidato umumnya bertujuan untuk satu atau beberapa hal berikut ini :

  1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
  2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
  3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan

 Jenis-Jenis Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isinya, pidato dapat dibedakan menjadi :

  1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau Master of Ceremony (MC).
  2. Pidato Pengarahan adalah pidato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan, biasanya dilakukan oleh pejabat penting atau pimpinan organisasi.
  3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan, misalnya laporan ketua panitia.
  6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dilakukan.

Dikutip dari ebook “Cara Mudah Menyusun Naskah Sambutan”

Anda butuh bantuan penyusunan naskah pidato, hubungi 0812 8862 1053

email :ahlinaskahpidato@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *