Contoh Naskah Pidato Kampanye Caleg

Puji Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, dimana kita dapat berkumpul di sini dalam acara……………………………..Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan kita semua.

Bapak Ibu dan hadirin yang kami muliakan,

Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankan saya menyampaikan tentang apa yang sedang dan akan dilakukan dalam memajukan Kabupaten Manggarai Timur khususnya di wilayah kecamatan Lamba Leda, Kecamatan Sambi Rampas, Kecamatan Elar Utara dan Kecamatan Elar Selatan.

Saya telah mengenal baik daerah ini. Itu sebabnya saya terpanggil untuk ikut berperan memajukan daerah ini. Kita merasakan bahwa Kabupaten ini lebih tertinggal dibanding daerah sekitarnya. Sementara segala potensi sumber daya ayam ada di sini dengan melimpah.

Jadi saya telah lama merenung dan mengkaji, sebenarnya apa yang harus kita lakukan?

Dengan segenap kemampuan saya, akhirnya saya menyimpulkan beberapa langkah yang harus saya ambil untuk memperjuangkan kemajuan kabupaten Manggarai Timur.

Bapak Ibu dan hadirin yang saya muliakan,

Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa yang harus kita lakukan untuk kemajuan Manggarai Timur, terlebih dulu saya memperkenalkan diri. Saya, biasa Rafael, lahir di………tahun. Menempuh mendidikan di…….hingga lulus tahun…..

Pengalaman kerja dan usaha………

Pengalaman organisasi: Tahun …..menjadi ketua……..

Tahun ….diangkat sebagai…..

Saya merasa dengan pengalaman dan pergaulan yang cukup luas, sudah saatnya sekarang untuk memberikan pengabdian untuk kemajuan daerah Manggarai Timur.

Bagaimana caranya?

Bapak Ibu dan hadirin yang saya muliakan,

Di era demokrasi ini, setiap orang berhak menyuarakan aspirasinya. Kebebasan berpendapat dijamin oleh Undang Undang. Atas dasar itu, saat ini yang paling memungkankan bagi saya adalah maju menjadi caleg atau calon anggota legislatif  untuk menjadi wakil dari bapak ibu di DPRD.

Masalahnya adalah apakah Bapak Ibu percaya dengan yang saya perjuangkan? Saya tidak heran jika banyak orang yang tidak peduli dengan Pilkada, Pileg, bahkan Pilpres karena merasakan itu semua tidak ada gunanya.

Namun saya yakin di antara Bapak Ibu yang hadir di sini menyadari, kalau kita tidak peduli dengan pesta demokrasi, maka aspirasi bapak ibu tidak dapat tersalurkan.

Tugas saya adalah menyalurkan aspirasi masyarakat ke pemerintah.

Bapak Ibu dan hadirin yang saya muliakan

Jika ditanya apa yang paling utama kita lakukan untuk memajukan daerah ini?

Saya yakin bapak ibu akan menjawab, yang utama adalah memperbaiki jalan yang rusak dan menyediakan sarana listrik.

Saat ini kita seperti hidup di jaman Indonesia sebelum Merdeka.

Bagaimana kita mau maju kalau listrik saja belum menyala. Bagaimana kita mau sejahtera kalau jalan saja belum bisa dilewati kendaraan roda 4. Bagaimana ekonomi mau maju kalau jalanan rusak.

Bagaimana produksi kita bersaing dengan daerah lain kalau untuk mengangkut hasil bumi saja biayanya mahal karena buruknya jalan?

Bapak Ibu dan hadirin yang saya muliakan.

Kalau kita mau maju, kita harus punya cita-cita yang jelas. Dengan cita cita bersama yang jelas dan mudah dipahami, maka kita akan dapat memperjuangannya dengan lebih mudah.

Saya mengusulkan cita-cita kita bersama adalah menjadikan Manggarai Timur Yang Lebih Maju, Sejahtera dan  Berdaya Saing .

Makna dari cita-cita bersama atau disebut visi adalah sebagai berikut:

Manggarai Timur yang Lebih maju, adalah yang terus berkembang dalam membangun, tidak ketinggalan dengan kabupaten sekitarnya

Manggarai Timur yang Lebih sejahtera adalah sejahtera lahir dan batin. Sejahtera secara lahir atau fisik adalah taraf kehidupan ekonomi yang lebih baik, infrakstruktur diperbaiki. Sejahtera batin sarana ibadah yang memadai,  sikap gotong royong, kerukunan beragama yang terjaga dan ditingkatkan,bebas pungutan liar.

Manggarai Timur yang berdaya saing adalah yang mampu mengembangkan komoditi unggulan yang bisa dijual lebih murah dibanding daerah lainnya.

Bapak Ibu dan hadirin yang saya muliakan.

Bagaimanakah cara mencapai cita-cita itu?

Untuk menjadikan kita lebih maju maka, listrik dan jalan raya harus diperbaiki. Yang belum ada listrik harus segera disediakan listrik. Bagi yang sudah ada listrik, harus dijamin agar kualitas listrik baik.

Dengan demikian kita tidak  ketinggalan.

Pertanyaannya apakah ada anggarannya? Jawabannya adalah harus ada. Kita harus upayakan betul agar anggaran itu ada.

Bapak Ibu dan hadirin sekalian

Pepatah mengatakan, tidak ada jalan yang rata untuk menuju sukses. Kita perlu pahami bersama, untuk mencapai kesuksesan semua orang selalu menghadapi banyak tantangan. Semua itu harus kita lewati.

Ingat Bapak Ibu sekalian, di tahun 1970, NTT adalah propinsi yang mampu mengekspor sapi ke negara lain. Tapi apa yang terjadi sekarang, NTT tidak lagi mampu mengekspor. Bahkan untuk mencukupi kebutuhan di Pulau Jawa saja tidak sanggup, sehingga Indonesia saat ini harus mengimpor ratusan ribu ekor sapi dan ribuan ton daging setiap tahun untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Ini mestinya menjadi perhatian dan kepedulian kita semua. Oleh karena itu ayo kita semua maju bersama agar lebih mandiri dan berdaya saing.

Bapak Ibu dan hadirin sekalian,

Demikianlah uraian saya mengenai perjuangan apa yang akan saya lakukan jika dipercaya sebagai anggota DPRD. Apa yang saya perjuangan adalah hal yang jelas, bukan angan-angan. Pada hakekatnya, dimanapun saya berada, saya akan memperjuangkan visi misi saya dengan berbagai upaya. Saya yakin Bapak Ibu akan mendukung apa yang saya perjuangkan ini.

Namun untuk bisa lebih mudah mencapai visi yang saya sampaikan tadi, menjadi anggota DPRD adalah langkah yang paling memungkinkan, karena saya bisa mempengaruhi pemerintah untuk melakukan alokasi anggaran yang cukup untuk membangun infrastrutur yang lebih baik.

Dengan dukungan dan doa Bapak Ibu Semua, semoga Tuhan memberikan jalan terbaik. Amien

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *