0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

TEKS PIDATO DUKUNGAN PAJAK

Berikut ini draft pidato karya saya yang merupakan pesanan pejabat

Bapak Pimpinan dan hadirin yang kami hormati,

Berbahagia sekali pada hari ini kita dapat bersilaturahmi antar semua stakeholder perpajakan di Pangkal Pinang. Adanya forum ini menunjukan bahwa antara DJP dengan semua stakeholder merupakan sebuah keluarga besar bukan lagi terpisah oleh tembok kepentingan masing-masing.

Kami menyadari bahwa keluarga besar DJP mengemban amanah yang tidak ringan, antara lain harus meyakinkan masyarakat bahwa kita semua warga negara Indonesia wajib membayar pajak untuk kepentingan pembangunan.

Saat ini kami melihat sudah begitu banyak peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh DJP. Sosialisasi tentang pembayaran Pajak dilakukan sedemikian bagus, melalui media cetak maupun elektronik serta dalam berbagai forum lainnya. Kami melihat strategi yang dilakukan DJP sangat menyentuh hati masyarakat, karena tidak dilakukan dengan menonjolkan ancaman terhadap orang yang tidak membayar pajak, melainkan dengan ajakan agar masyarakat ikut berkontribusi dalam pembangunan melalui pembayaran pajak. Dampaknya kita lihat makin banyak orang yang sadar akan kewajiban membayar Pajak. Untuk itu kami mengucapkan selamat kepada jajaran DJP khususnya di Pangkal Pinang.

Kami percaya bahwa dengan kerja keras DJP masyarakat makin paham bahwa membayar pajak tidak akan membuat kita jatuh miskin, justru sebaliknya jika kita membayar pajak dengan ikhlas disertai niat yang baik untuk kepentingan masyarakat, Insya Allah Tuhan yang Maha Kaya akan memberi balasan rejeki yang berlipat ganda. Amien.

Untuk itu kami senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan DJP dan ikut mendorong masyarakat untuk selalu taat pajak. Dukungan ini antara lain dalam bentuk kerjasama kegiatan sosialisasi mengenai pajak, memfasilitasi masyarakat yang akan berkonsultasi mengenai perpajakan dan ke depan jika DJP membutuhkan dukungan lain, kami siap melaksanakannya.

Kami percaya bahwa dengan dukungan yang telah kami berikan setidaknya akan memperlancar tugas DJP dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

Bapak Pimpinan dan hadirin yang kami hormati,

Bahwa setiap langkah menuju perubahan yang baik pasti mendapat tantangan dan ujian. Pepatah mengatakan, “Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang menerpa”. Demikian halnya dengan apa yang tengah diupayakan oleh DJP . Di tengah proses reformasi yang sudah sangat baik, tiba-tiba muncul kasus yang menodai proses tersebut. Saya merasakan bahwa ini adalah ujian yang berat bagi DJP.

Kami sungguh prihatin dengan kasus tersebut. Namun kami percaya jika keluarga besar DJP tetap konsisten dengan melaksanakan nilai-nilai Kementerian yang tadi disebutkan Bapak pimpinan, kami yakin masyarakat akan kembali menaruh kepercayaan terhadap upaya reformasi di DJP. Jadi Bapak-Bapak dan Ibu-ibu di DJP, tidak usah risau, tidak usah khawatir, lanjutkan perjuangan anda ! Kami akan mendukung sepenuhnya! (Keterangan; diharapkan dengan penekanan yang baik, hadirin akan tepuk tangan)

Bapak Pimpinan dan hadirin yang kami hormati,

Tadi disampaikan Bapak Pimpinan bahwa dalam rangka mendorong peran serta pegawai Direktorat Jenderal Pajak dan masyarakat (stakeholder) dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi serta penyalahgunaan wewenang oleh pejabat/pegawai Direktorat Jenderal Pajak, telah ditetapkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak yang pada dasarnya mengatur bahwa para stakeholder (pemangku kepentingan) dapat melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh para pegawai pajak melalui saluran-saluran yang tersedia.

Menurut kami, peraturan ini perlu lebih disosialisasikan lagi agar masyarakat wajib pajak mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam ikut menjalankan peraturan tersebut. Kami meyakini jika disosialisasikan dengan baik, masyarakat akan paham apa saja bentuk dan jenis kegiatan pegawai DJP yang masuk kategori pelanggaran dan bagaimana prosedur pelaporannya.

Kami sepakat bahwa perbaikan di DJP dalam rangka reformasi birokrasi sangat memerlukan dukungan dari para stakeholder. Forum hari ini yang dihadiri oleh semua stakeholder merupakan wujud nyata dukungan terhadap perbaikan yang dilakukan DJP.

Untuk itu mari kita semua yang hadir hari ini secara nyata melanjutkan dukungan komitmen Ditjen Pajak dalam meraih target penerimaan 2012 di area kegiatan kita masing-masing dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan Bapak pimpinan tadi.

Wassalamualaikum ww.
Pangkal Pinang, 8 Juni 2012

_________________________

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design