0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

STRATEGI KAMPANYE POLITIK 2014

Tahun politik akan segera hadir. Ya, benar, 2014 adalah tahun politik yang sangat penting. Saat ini berbagai upaya melakukan kapanye terselubung oleh para aktivis politik makin gencar dilakukan. Bagaimana dengan anda yang sudah mencatatkan diri sebagai Caleg.

Selama libur lebaran bulan Agustus 2013 lalu, sepanjang jalan dari Jakarta menuju Jawa Tengah (dan tentu saja sampai ujung Jawa Timur) dipenuhi berbagai spanduk dan baliho para Caleg dari berbagai Parpol. Saya tahu betapa besarnya modal yang harus dkeluarkan para caleg jika harus bersaing dengan cara-cara tersebut.

Kampanye Caleg hakekatnya adalah staregi marketing untuk menjual produk bernama “diri anda” . Jadi para caleg sejatinya tengah menjual “citra diri”. Pertanyaannya apakah dengan memasang spanduk dan baliho otomatis akan terbangu citra yang bagus? belum tentu. bahkan dibanding dengan biayanya, tingkat efektivitas baliho kemungkinan sangat rendah.

Ada beberapa strategi kreatif dan efisien untuk kampanye caleg.

1.  Bikin event diskusi/seminar

Apakah kompetensi anda? Jika anda punya kompetensi di bidang pertanian, bualah diskusi, seminar pertanian untuk menciptakan image yang baik sekaigus memperkenalkan diri anda ke masyarakat.

2. Buat tulisan opini, kirim ke media atau tampilkan di website. Jika anda punya opini jitu tentang masalah bangsa, ekonomi, kemasyarakatan yang sesuai dengan kompetensi anda, tulislah dan kiri  ke media cetak. Jika tidak diterima, muat saja di website  anda dan kirim ke website yang menerima tulisan.

3. Bikin Blog/website yang berisi profil dan opini anda. profil anda perlu diketahui orang di dunia maya. Ingat pengguna internet Indonesia kini sekitar 80 juta dan tahun 2014 diperkirakan 150 juta. Anda harus berhasil merebut masyarakat pengguna internet melalui tampilan profil anda, pengabdian anda selama ini, kegiatan anda di berbagai forum dan sebagainya. Jika anda punya konsep tentang pembangunan, tulislah dan ajak masyarakat kasih masukan. Agar web dibaca banyak orang, anda perlu belajar SEO (Search Engine Optimation), pasang iklan di web dan sejumlah langkah lainnya. Jika anda belum sempat belajar,sebaiknya cari konsultan internet marketing.

4. Buat akun FB, fanpage , twitter dan media sosial lainnya.

Saat ini media sosial khususnya facebook dan twitter digunakan oleh jutaan orang di Indonesia. Indonesia adalah pengguna FB no 3 tertinggi di dunia. Ini artinya, jika anda ingin lebih dikenal masyarakat, anda harus eksis di FB dan twitter serta media sosial lainnya.

Setidaknya anda harus eksis di FB sebagai media sosial paling populer. Bagaimana caranya? Anda perlu membuat fanpage mengenai diri anda. Fanpage harus dikelola secara profesional agar citra anda baik. Opini positif harus muncul dari diri anda. Anda juga beriklan di FB secara efektif dan efisien. Itu sebabnya anda perlu ilmu FB marketing. Jika anda belum memiliki cukup ilmu dan waktu untuk mengelola media sosial, segeralah cari ahli FB marketing untuk menjadi konsultan FB anda.

Demikian sekilas opini saya. Semoga bermanfaat untuk Anda para Caleg.

 

One comment

  1. Bisa pak, silakan email data yang dibutuhkan: tujuan, lokasi pidato, gambaran peserta, lama pidato, tema, penjelasan apa yang akan dilakukan jika terpilih jadi anggota DPR/D. wilayah pencalonan, serta info pendukung lainnya.

    email ke bambangsuharno@gmail.com dan armada1453@gmail.com. HP 0856 5576 7273 (rochim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design