0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

PIDATO PERDAMAIAN

Beberapa hari lalu seorang tokoh masyarakat kirim email ke saya meminta bantuan menyusun text pidato dalam rangka mendamaikan dua pihak yang beseteru. Ini sebuah tantangan bagi saya, tapi sayang sekali saya sedang menggarap naskah lain yang cukup banyak.

Baru sekarang saya bisa menanggapinya melalui tulisan ini. Naskah pidato perdamaian sangat penting dan harus hati-hati dalam menyusun dan menyampaikannya:
Pertama tentu harus mengucapkan terima kasih kepada kedua belah pihak yang sudah hadir untuk tujuan yang sama, yaitu pedamaian.

Kedua, dalam menyampaikan pidato harus benar-benar menonjolkan persamaan dari kedua belah pihak, jangan memunculkan hal-hal yang membuat perbedaan.

Ketiga, tonjolkan masa depan. Kata Peter F Drucker (Pakar manajemen), untuk membuat kemajuan yang berarti kita harus mengabaikan semuanya kecuali masa depan.

Ketiga, sampaikan bahwa semua ini adalah peran kedua pihak, anda adalah perantara saja. Jangan menonjolkan peran diri sendiri.

Keempat, jangan lupa bahwa Tuhan telah memberikan banyak nikmat, mari kita syukuri dengan terus mengembangkan silaturahmi, bekerja keras dan bekerjasama untuk masa depan.

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design