0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

PIDATO PENDIDIKAN

Dalam beberapa bulan ini permintaan menyusun pidato tentang pendidikan banyak saya terima. Permintaan kebanyakan via facebook ahli naskah pidato dan ternyata adalah anak sekolah yang sedang mendapat tugas menyusun pidato dari guru di sekolah.

Tentu saja saya tidak melayani permintaan menyusun pidato yang merupakan tugas sekolah, karena itu adalah tugas yang harus mereka kerjakan sendiri.

Namun demikian, untuk membantu para siswa yang mau menyusun pidato, berikut ini sekedar contoh pidato singkat yang dapat dikembangkan sendiri.

PIDATO TENTANG PENDIDIKAN

Saudara-saudara yang kami hormati,

Pendidikan adalah modal utama untuk kemajuan bangsa. Negara kita dapat bersama dan meraih kemerdekaan, salah satunya dan yang paling utama adalah karena masyarakat Indonesia sudah mulai mengenyam pendidikan.

Para tokoh pergerakan kemerdekaan adalah akum terdidik, seperti Bung Karno, Bung Hatta , Syahrir dan lain-lain. Pada waktu itu pemerintah Hindia Belanda menerapkan politik Etis yang memberikan kesempatan kepada kaum pribumi untuk mendapat pendidikan.

Berkat politik ini, lahirlah warga pribumi yang dapat mengenyam pendidikan formal, yang akhirnya ketika dewasa mereka memahami bagaimana strategi yang benar untuk meraih kemerdekaan.

Saudara-saudara yang kami hormati,

Di masa kemerdekaan, pendidikan makin penting karena kemerdekaan membutuhkan tenaga terdidik untuk membangun. Dibutuhkan insinyur, dokter, sarjana hukum, sarjana ekonomi, apoteker, dan sebagainya yang dapat berperan membangun negeri ini.

Apalagi sekarang, persaingan antar negara membutuhkan kaum terdidik yang bukan hanya pintar namun juga kreatif dan mampu menghasilkan karya yang diharga di dalam negeri dan di luar negeri.

Sayang sekali jika tahun 70an hingga 80an banyak negara tetangga menuntut ilmu di negeri kita, kini sebaliknya, banyak warga kita yang belajar ke negara tetangga. Ini pertanda bahwa negara tetangga lebih maju dalam mengelola pendidikan.

Mari kita instrospeksi untuk dapat memperbaiki sistem pendidikan kita sehingga kita dapat mengembangkan pendidikan berkualitas.

 

salam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design