0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Naskah Pidato Pengunduran Diri Presiden Soeharto

Ahli Naskah Pidato – H.M Soeharto adalah Presiden RI yang kedua. Beliau memegang tampuk kepemimpinan setelah era presiden pertama RI, Soekarno. Setelah 32 tahun memimpin Indonesia, H. M. Soeharto dituntut mundur dari pemerintahan oleh kaum reformis pada tahun 1998. Berikut Isi Pidato Pengunduran Diri Presiden Soeharto, yang ditulis oleh staf ahli penulis naskah beliau, Bapak Yusril Ihza Mahendra.

 

PERNYATAAN BERHENTI

SEBAGAI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sejak beberapa waktu terakhir, saya mengukuti dengan cermat perkembangan situasi nasional kita, terutama aspirasi rakyat untuk mengadakan reformasi di segala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Atas dasar pemahaman saya yang mendalam terhadap aspirasi tersebut, dan terdorong oleh keyakinan bahwa reformasi tersebut perlu dilaksanakan secara tertib, damai dan konstitusional demi terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa serta kelangsungan pembangunan nasional, saya telah menyatakan rencana pembentukan Komite Reformasi dan mengubah susunan Kabinet Pembangunan VII.

Namun demikian kenyataan hingga hari ini menunjukkan Komite Reformasi tersebut tidak dapat terwujud, karena tidak adanya tanggapan yang memadai terhadap rencana pembentukan komite tersebut. Dalam keinginan untuk melaksanakan reformasi dengan cara yang sebaik-baiknya tadi, saya menilai bahwa dengan tidak dapat diwujudkannya Konite Reformasi maka perubahan susunan Kabinet Pembangunan VII menjadi tidak diperlukan lagi.

 

 

 

Dengan memperhatikan keadaan di atas, saya berpendapat sangat sulit bagi saya untuk dapat menjalankan tugas pemerintahan negara dan pembangunan dengan baik. Oleh karena itu, dengan memperhatikan ketentuan Pasal 8 UUD 1945, dan setelah dengan sungguh-sungguh memperhatikan pandangan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dan Pimpinan Fraksi-Fraksi yang ada di dalamnya, saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden Republik Indonesia, terhitung sejak saya bacakan Pernyataan ini, pada hari ini, kamis 21 Mei 1998.

 

Pernyataan saya berhenti dari jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia, saya sampaikan di hadapan Saudara-saudara Pimpinan Dewan Perwakilan rakyat Republik Indonesia yang juga adalah Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat.

 

Jakarta, 21 Mei 1998

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

 

SOEHARTO

 

Tambahan (ditulis tangan sendiri oleh Pak Harto)

 

Sesuai dengan Pasal 8 UUD-45 maka Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. H. BJ. Habibie yang akan melanjutkan sisa waktu jabatan Presiden Mandataris MPR 1998-2003.

 

Atas bantuan dan dukungan rakyat selama saya memimpin negara dan bangsa Indonesia ini, saya ucapkan trima kasih dan minta maaf bila ada kesalahan dan kekurangannya. Semoga Bangsa Indonesia tetap jaya dengan Pancasila dan UUD 45-nya. 

 

Mulai ini hari Kabinet Pembangunan ke VII demisioner dan pada para Mentri saya ucapkan trima kasih.

Oleh karena keadaan tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan pengucapan sumpah di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat, maka untuk menghindari kekosongan pimpinan dalam menyelenggarakan pemerintahan negara, kiranya Saudara Wakil Presiden sekarang juga agar melaksanakan pengucapan sumpah jabatan presiden di Hadapan Mahkamah Agung Republik Indonesia.   

 

 

 

 

 

Sumber: http://yusril.ihzamahendra.com dengan beberapa tambahan dari rekaman audio Youtube.

 

 

Demikian Naskah Pidato Pengunduran Diri Presiden Soeharto. Bagi Anda yang membutuhkan penulisan/penyusunan naskah pidato secara profesional, baik untuk kepentingan instansi pemerintahan, institusi pendidikan, organisasi, asosiasi, personal dan segmen lainnya, hubungi segera Tim AhliNaskahPidato.Com.

 

 

 

 

 

One comment

  1. Raya benimakin says:

    Bapak suharto yg terbaik,dg berjiwa besar meletakan jabatanya,demi pancasila dan UUD45.Bapak suharto nama mu selalu di kenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design