0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Naskah Pidato Kebangkitan Nasional

boedi oetomo

Beriku ini CONTOH PIDATO SAMBUTAN
Pada Acara MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Assalamu’alaikum Warrohhmatullahhi
Wabarrokatuh. Salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama – tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya maka pada hari

ini kita dapat hadir bersama – sama dalam rangka mengikuti upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional .

Pada 20 Mei 1908, generasi muda Indonesia yang dipelopori oleh Dr. Soetomo, dan Dr. Wahidin Soedirohoesodo membentuk satu organisasi bernama Boedi Oetomo, yang menancapkan tonggak Semangat Kebangkitan Nasional, untuk melawan penguasa kolonial Belanda pada saat itu.

Suatu tekad yang bulat untuk merdeka dan membebaskan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Api dan semangat kebangkitan inilah yang

terus bergelora di hati para anak bangsa khususnya para pemuda kita.

Maka pada tanggal 28 Oktober 1928 lahirlah, ”Soempah Pemoeda” yang menjadi kebulatan tekad para pemuda – pemudi kita, menyatukan visi

dan langkah serta pemahaman akan semakin mendesaknya kita memiliki sebuah eksistensi satu nusa, satu bangsa dan satu tanah air, yakni Indonesia Raya. Perjuanganpun terus berkobar dan semakin merata keseluruh pelosok tanah air, yang kemudian mencapai puncaknya pada proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945.

Setiap tahun kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional, dengan berbagai cara dan acara dari pusat sampai ke daerah termasuk di kantor – kantor perwakilan kita di seluruh dunia. Tentu semua itu dimaksudkan untuk terus mengugah dan menggelorakan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme kita agar tetap hidup dan terjaga dalam hati sanubari kita masing – masing.

Saudara – Saudara Sekalian yang berbahagia,

Dengan pemahaman semangat kebangkitan nasional, apa yang perlu kita lakukan saat ini? Indonesia kini menjadi negara yang sangat besar. Penduduk Indonesia tahun 2013 ini sekitar 240 juta. sebagian dari mereka hidup mewah, sebagian lagi dalam keadaan yang sangat memprihatinkan.

Tahun 1908 saat kebangkitan kesadaran Indonesia untuk menjadi bangsa yang mandiri dengan kekuatan kamu terpelajar. Kini kebangkitan yang dibutuhkan adalah kebangkitan dari situasi kesenjangan ekonomi dan sosial yang sangat lebar menjadi ekonomi yang berkeadilan.

Oleh karena itu semangat kebangkitan saat ini harus dimulai dari pemimpin negara dan pemerintahan dalam menetapkan kebijakan ekonomi. Masyarakat perlu ikut berperan dalam menghidupkan kebersamaan, kerjasama ekonomi yang sejajar, kemitraan bisnis yang baik, menggerakan koperasi sebagai wadah ekonomi untuk masyarakat di seluruh lapisan.

Saudara – saudara sekalian,

Mari kita kembangkan kehidupan bermasyarakat yang mengembangkan keadilan ekonomi dan sosial sebagai bukti semangat kebangkitan.
Sekian dan Terima kasih
Wassalamualaikum Wr. Wb

Disadur dan disesuaikan dari: http://contohnaskahpidato.blogspot.com/2010/06/contoh-naskah-pidato-kebangkitan_02.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design