0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Jawaban Jokowi Mestinya Begini

Minggu malam 16 September 2012 saya menyimak debat Calon Gubernur DKI yang disiarkan Metro TV secara live, antara sang incumbent Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dengan sang penantang Jokowi-Basuki.

Debat berlangsung seru dan panas. Yang paling menarik adalah ketika Foke dipersilakan memberi pertanyaan kepada Jokowi. Pertanyaan Foke tajam menohok. “Pak Jokowi, ketika di Solo, anda bicara bahwa hati anda untuk rakyat Solo. Sekarang di jakarta, anda mengatakan hati anda untuk rakyat Jakarta. sebenarnya ada apa nih? Saya bukan orang Jawa tapi saya tahu bagi orang jawa Roso itu sangat penting”, begitu kurang lebih pertanyaan Foke ke Jokowi.

Sangat mungkin Jokowi belum siap menerima pertanyaan seperti itu, sehingga jawabannya meski bisa dikatakan benar tapi belum menjawab esensi pertanyaannya. Jawaban Jokowi adalah ” karena undang-undang memperbolehkan saya mencalonkan diri sebagai Gubernur, apa salahnya saya ingin meningkatkan karir”.

Untung saja Foke tidak membalas dengan pertanyaan,” berarti pak Jokowi jika ada kesempatan lagi, nanti tahun 2014 akan mencalonkan diri jadi Presiden?”

Jika saja pertanyaan kedua ini disampiakan Foke, hampir pasti Jokowi agak gelagapan.

Padahal ada jawaban yang paling pas untuk pertanyaan Foke. Jokowi bisa menjawab sbb:

“Pak Foke yang terhormat, ketika saya mau mencalonkan diri jadi Gubernur saya sudah minta pendapat ke warga Solo. Mereka mengatakan ikhlas dan bangga jika saya bisa jadi Gubernur DKI. Mereka ikut mendoakan saya untuk menjadi Gubernur DKI. Jadi apa yang salah lakukan adalah amanah warga Solo. Nah, untuk itu kini hati saya tentu saja untuk kemajuan warga DKI agar warga DKI maupun Solo bangga atas prestasi saya kelak jika mempimpin DKI.”

Jawaban ini lebih bijak dan sangat mengena. Sayang sekali Jokowi lupa akan hal ini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design