0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

CONTOH TEKS PIDATO CALEG

Berikut ini contoh Pidato Caleg yang bisa jadi referensi anda.

Bapak, Ibu dan hadirin yang saya hormati dan saya cintai,

Puji syukur kehadirat Allah SWT, hari ini saya bisa bersilaturahmi dengan Bapak Ibu semuanya dalam rangka acara diskusi tentang masa depan Kabupaten Gunung Intan.
Saya melihat yang hadir di acara ini adalah tokoh-tokoh penting baik itu pejabat, pimpinan ormas, pimpinan parpol, tokoh pendidikan, LSM, para pemuka agama, tokoh pemuda dan sebagainya.

Mohon maaf saya tidak dapat menyebut satu-per satu, karena semua yang hadir adalah orang penting. Bagi saya, ini suatu peristiwa luar biasa yang mungkin tak akan saya lupakan seumur hidup saya.

Terima kasih sebesar-besarnya saya sampaikan kepada panitia yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini. Mari kita tepuk tangan yang meriah untuk ketua panitia Mas Agus Saputro dkk. (tepuk tangan)

Baiklah, mengingat saya diberi waktu yang 20 menit, saya akan menyampaikan inti dari pemikiran saya mengenai masa depan kabupaten Gunung Intan yang kita cintai.

Mari kita lihat profil Kabupaten kita. Penduduk kabupaten Gunung Intan berjumlah 2,5 juta dengan pertumbuhan 2% per tahun. Mayoritas penduduk adalah usia muda 15-40 tahun. Mata pencaharian mayoritas petani dan peternak dengan produk utama sayuran dan ternak ayam. Pertumbuhan ekonomi 2% per tahun. Pendidikan rata-rata SD-SMA. Hanya 5% yang lulusan Perguruan Tinggi (D3-s1).

Dengan luas wilayah yang tidak seluas wilayah kabupaten tetangga, kita berada di daerah pertanian yag padat penduduk. sementara itu pertumbuhan ekonomi kita masih rendah dibanding rata-rata.

Bapak Ibu dan hadirin yang kami hormati,
Dengan melihat profil tersebut, saya ingin mengabdi di kabupaten ini dengan melakukan beberapa langkah. Namun sebelum ke sana, saya perlu sampaikan apa yang telah saya lakukan selama ini. Ini perlu saya sampaikan agar Bapak Ibu paham, bahwa saya mencalonkan diri sebagai anggota DPRD bukan semaata-mata ikut-ikutan arus, atau sekedar cari makan. Mohon maaf, kalau urusan ekonomi keluarga, saya sudah merasa cukup. Saya punya penghasilan dari usaha yang cukup berkembang.

Saya 10 tahun lalu sudah mulai berkontribusi melalui organisasi pemuda. saya memimpin organisasi pemuda selama 4 tahun dan berhasil mencatat prestasi antara lain juara umum kejuaraan catur, mendapat beasiswa pertukaran pemuda antar propinsi, beasiswa ke luar negeri .

Saya juga mendirikan Yayasan Peduli Petani, yang juga berhasil memperjuangkan pembangunan jalan pertanian sehingga tingkat kerusakan produk pertanian berkurang. (tepuk tangan).

Tapi semua itu menurut saya belum cukup kalau saya tidak langsung ikut sebagai penentu kebijakan atau setidaknya untuk mempengaruhi kebijakan. Jadi saya perlu mendaftar sebagai caleg.

………………………………………….(Pidato caleg bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design