0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

BENARKAH PIDATO BERAPI-API PRABOWO, MEGAWATI, SURYA PALOH CUKUP EFEKTIF MEMPENGARUHI PUBLIK?

Prabowo Subiyanto

Ya, benarkah pidato berapi-api yang dulu dilakukan orator Bung Karno, kini efektif mempengaruhi audiens? Menurut saya, saat ini masyarakat berbeda dengan era tahun 1945an dimana saat itu dibutuhkan pemimpin yang benar-benar mengajak masyarakat bersatu padu untuk mempertahankan kemerdekaan. Musuh utama saat itu adalah penjajah belanda yang berminat kembali merebut Indonesia setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan.

Kini pidato penuh retorika hanya didengar orang-orang yang suka bernostalgia. Coba kita lihat pidato para pimpinan partai itu. Isinya hampir sama, mengkritik pemerintah yang sekarang dan berjanji akan memberantas korupsi, membela rakyat, menyetop impor, menjadikan indonesia berdaulat.

So, apa yang dibutuhkan masyarakat dari pidato Prabowo, Megawati, Surya Paloh, Wiranto? yang mereka butuhkan adalah ide-ide segar untuk mengatasi masalah bangsa. Misalnya bagaimana langkah kongkrit menyetop impor daging sapi. Kalau hanya bicara, “kita akan stop impor dan memberdayakan petani peternak agar memelihara ternak mereka dengan baik dan dijual dengan harga wajar” Ini ide yang sangat normatif. Semua juga tahu hal semacam itu.
Kalau mereka bisa memberikan solusi misalkan impor bibit sapi di tahun pertama, mewajibkan PTP memelihara sapi, membuat kartu asuransi kesehatan untuk setiap peternak sapi atau asuransi harga, atau apalah, sangat mungkin masyarakat akan menerima pidato itu sebagai pidato yang penuh makna.

Contoh, waktu Jokowi mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI, yang ia lakukan adalah menyampaikan gagasan tentang Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan kampung deret untuk penduduk yang kena gusur. Ini adalah ide segar yang sangat berpengaruh pada masyarakat.

Nah, saran untuk Prabowo, Megawati, Wiranto, Surya palloh dan pimpinan lainnya, sebaiknya anda jangan banyak-banyak mengumbar janji soal kedaulatan pangan, kedaulatan bangsa, soal anti korupsi dan lain sebagainya. Silakan kemukakan ide anda tentang cara mengontrol aparat agar tidak korupsi, bagaimana bisa swasembada daging sapi, swasembada beras, sewasembada kedelai, meningkatkan pendapatan masyarakat dan sebagainya. Jika ini berhasil, anda jadi pemimpin hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design