Sambutan Direktur Utama PT RNI | AHLI DAN BERPENGALAMAN MENYUSUN NASKAH PIDATO 0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Sambutan Direktur Utama PT RNI

Dirut RNI Didik Prasetyo

Saya mencoba mencari pidato sambutan Direktur perusahaan yang cukup bagus saat ulang tahun. Alhamdulilah saya mendapatkannya, berupa sambutan Dirut PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Didik Prasetyo.

Saya melihat, sambutan Dirut RNI cukup komprehensif untuk sebuah momen ulang tahun. Meliputi kronologis singkat sejarah perusahaan, naik turunnya laba usaha, pengembangan usaha yang telah berjalan, kebijakan saat ini dan rencana ke depan. Yang tak kalah menariknya adalah kata-kata motivasi untuk para karyawan untuk bekerja lebih baik lagi. Bagi Anda yang menjadi eksekutif perusahaan atau pemimpin lembaga pemerintah, jika akan menyusun sambutan dalam ulang tahun perusahaan/lembaga, ada baiknya mencermati naskah ini dan bisa memodifikasi. Jika perlu bantuan, silakan hubungi kami  08164827590.

Berikut naskah lengkapnya

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat Pagi/Siang/Malam, Salam Sejahtera bagi kita semua,

Om Swastiastu,

Saudara-saudara para Direksi Anak Perusahaan, Pimpinan unit beserta seluruh karyawan dan karyawati RNI Group yang saya cintai dan saya banggakan dimanapun anda berada,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas karunia-Nya kita masih diberi kesempatan untuk berkarya di lingkungan RNI Group untuk sedikit banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan perekonomian bangsa dan negara.

Pada hari ini, tanggal 12 Oktober 2015, PT RNI yang terlahir dengan nama PT Perusahaan Perkembangan Ekonomi Nasional (PPEN) Rajawali Nusantara Indonesia telah genap berusia 51 tahun. Suatu usia yang cukup panjang bagi sebuah perusahaan sekaligus juga usia yang membuat PT RNI semakin matang karena ditempa berbagai tantangan dan hambatan sejak awal berdirinya, tetapi alhamdulilah hingga saat ini PT RNI masih kokoh berdiri sebagai salah satu BUMN yang cukup disegani.

Perjalanan panjang PT RNI sejak tahun 1964, mengalami beberapa fase penting dalam era pengelolaannya. Pada awal berdirinya PT RNI fokus pada 3 (tiga) core business, yaitu : agro, perdagangan dan farmasi (PG Krebet Baru, PG Rejo Agung Baru, PT Rajawali Nusindo dan PT Phapros).  RNI mulai bergerak melebarkan sayap ketika menerima penugasan dari Pemerintah untuk menyehatkan dan mengelola PG Madukismo yang merupakan awal dari penugasan-penugasan selanjutnya.

Ekspansi bisnis yang dilakukan pada waktu itu merambah ke berbagai bidang seperti sawit (PTP Mitra Ogan), teh (PT Mitra Kerinci), properti (PPLK), industri kulit, karung plastik, termasuk kepercayaan untuk mengelola PT Perkebunan XIV (sekarang PT Rajawali II) dan PG Nagamanis (PT Rajawali III).

Dengan pengembangan usaha yang sangat beragam,  PT RNI mengalami pasang surut kinerja  dari tahun ke tahun seiring dengan perubahan faktor eksternal maupun internal yang mempengaruhi kinerja perusahaan.

Dalam perjalanannya PT RNI pernah meraih laba bersih  sebesar Rp. 270 milyar karena didukung oleh tingginya harga jual gula pada saat itu.

Namun, PT RNI juga pernah mencatat kerugian terbesar sepanjang sejarah perjalanan perseroan yakni sebesar Rp. 280 milyar lebih di tahun 2014. Kerugian ini mengakibatkan RNI menghadapi kondisi yang sangat sulit dan perlu segera dilakukan pembenahan di segala lini.

Saudara-saudara para Direksi Anak Perusahaan, Pimpinan unit beserta seluruh karyawan dan karyawati RNI Group yang saya banggakan

Bercermin dari pengalaman masa lalu dimana PT RNI pernah mengalami masa-masa terbaik dan terburuk, saya yakin bahwa kita semua mampu belajar dan mengambil hikmah untuk bekal perbaikan di masa mendatang.

Selaku Direktur Utama PT RNI bersama anggota Direksi lain, saya bertekad untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan bisnis. Sebagaimana pernah saya sampaikan pada awal saya mengemban amanah sebagai Direktur Utama PT RNI, saya ingin PT RNI kembali ke khittah-nya yakni sebagai perusahaan  Investment Holding dengan fokus pada pengembangan, pengendalian usaha, manajemen aset dan keuangan. Hal ini dimaksudkan agar pengawasan yang dilakukan terhadap anak-anak perusahaan, baik dari sisi operasional maupun pengembangan usahanya mampu memperkuat daya saing perusahaan serta lebih hati-hati di dalam menangkap peluang bisnis yang akan dikembangkan.

Sementara itu dengan kekuatan kepemilikan aset yang cukup besar, saya berharap optimalisasi atas aset tersebut dapat dijadikan sebagai pilar core business baru yang akan mampu mengakselerasi peningkatan kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Meskipun saat ini   RNI  Group memiliki masalah yang cukup besar di bidang keuangan, saya yakin dengan kerja keras dan pemikiran-pemikiran yang inovatif serta didukung oleh seluruh jajaran manajemen dan karyawan -karyawati di RNI Group, permasalahan tersebut akan mampu diatasi dengan baik.

Salah satu upaya yang sudah hampir memberikan hasil positif adalah dengan disetujuinya penambahan PMN kepada PT RNI sebesar Rp. 692,53 milyar oleh Komisi VI DPR RI.

Dan pada pagi hari ini, tanggal 12 Oktober 2015, tepat di hari ulang tahun PT RNI, setelah dari Komisi VI, Badan Anggaran DPR sedang bersidang untuk menetapkan usulan PMN tersebut menjadi keputusan akhir yang siap untuk diundangkan.

Marilah kita bersama-sama berdoa agar proses PMN tersebut mendapatkan persetujuan final dari Badan Anggaran DPR sehingga hal ini akan menjadi kado ulang tahun yang terindah bagi PT RNI. Amiin.

Saudara-saudara para Direksi Anak Perusahaan, Pimpinan unit beserta seluruh karyawan dan karyawati RNI Group yang saya cintai dan saya banggakan

Kita juga patut bersyukur bahwa kinerja perusahaan sampai bulan Agustus 2015 menunjukkan   peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Rapor yang tadinya merah, alhamdulilah bulan Agustus yang lalu sudah mulai biru dan gambaran di bulan berjalan ini juga menunjukkan kondisi yang cukup menggembirakan.

Namun demikian, hal ini tidak boleh membuat  kita terlena karena fundamental bisnis kita sesungguhnya belum kuat.

Kata kunci agar kita bisa bertahan dan terus berkembang di masa mendatang hanya satu yaitu : competitiveness atau daya saing. Para ahli manajemen mengatakan bahwa era ke depan adalah era hyper-competition.

Di bidang perdagangan dan distribusi, agar RNI Group mempunyai daya saing yang tinggi kita  dituntut untuk menjual produk dengan harga yang lebih murah,  kualitas  dan pelayanan pelanggan yang excellent.  Demikian halnya untuk pilar-pilar bisnis yang lain, baik di sektor agro maupun farmasi/alat kesehatan kita dituntut untuk memiliki produktivitas yang tinggi, HPP yang rendah maupun penguasaan pasar yang semakin besar dari tahun ke tahun.

Tanpa kerja keras, pemikiran yang kreatif dan inovatif dari seluruh elemen, mustahil tuntutan-tuntutan untuk meningkatkan daya saing perusahaan dapat kita capai. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh jajaran manajemen dan karyawan RNI Group untuk selalu bekerja keras, disiplin, mengembangkan pola pikir yang kreatif dan inovatif serta menjadikan pekerjaan di perusahaan masing-masing sebagai ladang ibadah.

Saudara-saudara seluruh karyawan-karyawati dimanapun anda berada,

Terakhir, saya ingin mengingatkan kembali budaya perusahaan kita. Saya ingin insan RNI adalah insan yang PInTER.

P- Professionalism; insan RNI harus mempunyai kompetensi yang tinggi di bidangnya masing-masing;

In- Integrity; insan RNI harus mengutamakan kepentingan perusahaan dari pada kepentingan pribadi;

T- Teamwork; insan RNI harus mampu bekerja bersama dalam sebuah Tim;

E- Excellence; insan RNI dalam mengerjakan tugas harus selalu berorientasi pada hasil terbaik;

R- Respect; insan RNI harus mengakui dan menghormati kemampuan rekan sekerja;

Saya berharap budaya itu bisa diresapi dan digunakan sebagai landasan berperilaku dalam melaksanakan tugas sehari-hari sehingga seluruh insan RNI akan selalu bahu membahu dengan bahasa dan sikap yang sama dalam berkiprah menjalankan tugas mencapai cita-cita perusahaan.

Saudara-saudara karyawan dan karyawati RNI yang saya cintai,

Satu hal yang sangat penting yang menjadi kunci agar kita dapat bekerja dengan tenang, fokus, penuh motivasi dan produktif adalah dukungan keluarga. Bagi saya, keluarga tidak terpisahkan dari keberhasilan karyawan dalam bekerja. Oleh karena itu, saya mendorong agar para pimpinan unit usaha di lingkungan RNI memfasilitasi kegiatan-kegiatan positif yang biasanya dimotori oleh istri-istri pimpinan unit, khususnya yang terkait dengan peningkatan pendidikan, kesejahteraan sosial dan perekonomian keluarga. Hal ini saya dasarkan pada pertimbangan bahwa kemampuan perusahaan sangat terbatas untuk dapat menampung semua kegiatan-kegiatan yang berdimensi sosial di lingkungan perusahaan.

Akhir kata, marilah kita wujudkan rasa syukur kita dalam menyambut usia ke 51 tahun PT RNI dengan bekerja lebih keras, lebih cerdas dan lebih ikhlas untuk kebangkitan dan kejayaan RNI yang kita cintai ini.

Selanjutnya, marilah kita teriakan yel-yel RNI Bangkit, RNI Jaya, Harmoni Yes..Yes..Yes..!

Dirgahayu PT RNI !!

Terimakasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Om santi santi santi om.

 

PT RAJAWALI NUSANTARA INDONESIA (PERSERO)

 

 

B. Didik Prasetyo
Direktur Utama
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design