0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Rahasia Pidato Obama : Gunakan Bahasa Audiens

“Pulang kampung nih,” kata Obama ketika pidato di UI saat ia masih menjadi Presiden AS tahun 2010. Kata-kata “pulang kampung nih,” menjadi daya tarik luar biasa. tepuk tangan bergemuruh menyambut kata-kata Obama tersebut. Lebih heboh lagi ketika ia menyebut “bakso, sate” dan bahasa Indonesia lain dengan logat yang khas.

Hal sama ketika ia pidato di “4th Congress of Indonesian Diaspora” di Kota Kasablanka, Jakarta, 1 Juli 2017 lalu. Ia kembali menceritakan kenangannya di Indonesia, dan sangat hafal soal sate, bakso. “semuanya enak,” katanya. Seperti biasa, kata-kata Bahasa Indonesia membuat hadirin bertepuk tangan sangat meriah. Betapa tidak, seorang mantan Presiden AS terasa seperti orang Indonesia. ia begitu dengan dengan Indonesia. Bahkan karena masa kecilnya di Indonesia, ia sangat kagum dengan keberagaman Indonesia yang hidup dalam kerukunan.

Dalam Berpidato, Gunakan Bahasa Audiens

Kita bicara satu hal menarik dari Obama, yakni pandai menggunakan bahasa audiens. Dengan cara itu hadirin merasa bahwa pihak yang berpidato menyelami bahasa mereka.

Coba kita lihat para penceramah yang menarik perhatian. Mereka selalu berusaha menggunakan bahasa orang-orang yag hadir mendengarkan ceramahnya. Lihat AA Gym ketika ceramah di depan remaja, pasti ia sangat pinta menggunakan bahasa anak muda. Ketia ceramah di depan pejabat, ia gunakan bahasa poluper di kalangan pejabat.

Kuncinya, pahami Bahasa Audiens

Jadi kunci utama ketika ceramah, pidato, presentasi, atau menjadi pembicara seminar, adalah memahami bahasa audiens. Maka sebelum berpidato , tanyalah kepada panitia, siapa saja yang hadir. Lantas, pikirkanlah istilah apa yang akan menarik bagi audiens. Misalkan ada di daerah, ada baiknya gunakan kata-kata bahasa daerah setempat. Misalnya ketika di Makassar, pakailah kata “Aga Kareba” untuk menanyakan apa kabar.

Akan lebih menarik lagijika Anda menceritakan sesuatu yang populer di kalangan hadirin.

Nah, sekarang anda paham kan, kenapa pidato Obama sangat menarik perhatian warga Indonesia?

salam

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design