0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Cara Menyusun Pidato Kemenangan (Pidato Donald Trump)

Jika anda terpilih menjadi pimpinan sebuah organisasi profesi, organisasi sosial, organisasi politik maupun sebagai pejabat publik, apa yang harus disampaikan dalam pidato kemenangan?

Banyak orang yang terpilih ternyata belum siap menyampaikan pidato setelah terpillih. Apalagi di sebuah organisasi sosial dimana menjadi pemimpin tidak dilakukan dengan persaingan. Tak sedikit organisasi sosial dimana para pengurus dan anggota cenderung mendorong orang lain menjadi pemimpin. Ini mengingat menjadi pemimpin organisasi sosial itu sebuah pengabdian, butuh pengorbanan waktu, tenaga dan juga uang.

Apapun bentuknya, pidato kemenangan itu tetap perlu dilakukan.

Isinya setidaknya mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Penegasan bahwa kemenangan ini bukanlah karena prestasi pribadi, namun kemenangan semuanya. Jabatan adalah amanah, yang harus dipikul dan harus didukung oleh yang memilih maupun tidak memilih dirinya.
  2. Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Juga terima kasih kepada rekan yang tidak terpilih.
  3. Menyampaikan program utama yang akan dijalankan.
  4. Minta dukungan semua pihak untuk menjalankan program kerjanya.
  5. Mengajak semua pihak untuk melupakan pertentangan  (jika selama proses pemilihan terjadi pertentangan) dan mengajak semua pihak untuk kembali bersatu meraih prestasi yang lebih baik.

Sebagai referensi, berikut ini pidato kemenangan Donald Trump sebagai Presiden USA:

“Terima kasih. Terima kasih banyak semuanya. Maaf telah membuat Anda menunggu. Urusan yang rumit, sangat rumit. Terima kasih banyak.

Saya baru saja mendapatkan telepon dari Clinton, dia memberi selamat pada kita. Ini tentang kita. Untuk kemenangan kita, dan saya memberikan selamat untuknya dan keluarganya untuk kampanye yang sulit.

Menurut saya, dia telah berjuang denga keras. Hillary telah bekerja berjam-jam dan bekerja keras untuk waktu yang lama, dan kita harus berterima kasih padanya untuk segala yang dilakukannya pada negara kita. Saya sungguh-sungguh.

Saat ini adalah waktunya bagi Amerika untuk mengobati luka dari perpecahan, untuk kembali bersama, untuk para pendukung Republik dan Demokrat, dan Independen di seluruh negeri. Saya katakan saat ini adalah waktu yang tepat untuk bersama-sama dan bersatu.

Ini adalah waktunya. Saya berjanji pada seluruh warga di negeri kita ini bahwa saya akan menjadi presiden untuk semua warga Amerika, dan ini sangat penting bagi saya. Untuk yang memilih untuk tidak mendukung saya sebelumnya, ada beberapa orang, saya meminta nasehat dan bantuan Anda agar kita bisa bekerja sama dan mempersatukan negara kita.

Seperti yang saya katakan, kampanye kita bukanlah kampanye, tetapi merupakan gerakan luar biasa dan sangat besar, yang dibentuk oleh jutaan pria dan wanita pekerja keras yang mencintai negerinya dan menginginkan hal yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah untuk mereka dan keluarga mereka.

Ini merupakan gerakan yang terdiri dari warga Amerika dari segala ras, agama, latar belakang, dan kepercayaan, yang menginginkan pemerintah untuk melayani warganya, dan negara akan melayani warganya.

Dengan bekerja bersama kita akan segera memulai pekerjaan untuk membangun negara dan memperbaharui American dream. Saya telah menghabiskan seluruh hidup saya di dunia bisnis, melihat potensi yang ada dalam proyek-proyek dan orang-orang di seluruh dunia.

Itu yang saat ini akan saya lakukan untuk negera kita. Potensi yang sangat besar. Saya telah mengenal negara kita dengan baik. Potensi yang sangat besar. Ini akan menjadi hal yang indah, Setiap warga Amerika akan mendapatkan kesempatan untuk menemukan potensi terbaiknya.Pria dan wanita yang sebelumnya terlupakan, tidak akan terlupakan lagi.

Kita akan memperbaiki kota-kota dan membangun kembali jalan tol, jembatan, lorong, bandara, sekolah, dan rumah sakit. Kita akan membangun kembali infrastruktr, dan kita akan mempekerjakan dua juta warga Amerika untuk membangunnya. Kita juga akhirnya akan melayani para veteran yang sangat setia, dan saya mendapatkan kesempatan untuk lebih kenal dalam 18 bulan terakhir.

Waktu yang telah saya habiskan bersama mereka dalam kampanya ini sangat berharga.

Para veteran adalah orang-orang yang luar biasa. Kita akan memulai proyek pengembakan dan pembaharuan nasional. Saya akan memanfaatkan talenta-talenta kreatif yang dimiliki warga kita dan memanggil mereka yang terbaik dan paling cerdas untuk membagikan bakat mereka demi kepentingan semua orang. Ini akan terjadi. Kita memiliki rencana ekonomi yang baik. Kita akan melipatgandakan pertumbuhan dan akan memiliki ekonomi terkuat di dunia. Di saat yang sama, kita juga akan bekerja sama dengan negara-negara lain. Kita akan melakukannya. Kita akan memiliki hubungan yang baik. Kita mengharapkan hubungan yang baik. Tidak ada mimpi yang terlalu besar, tidak ada tantangan yang terlalu besar. Tidak ada yang tidak mungkin untuk masa depan kita.

Amerika tidak akan bertahan dengan sesuatu yang tidak terbaik. Kita harus kembali meraih takdir negara kita, bermimpi yang besar, berani, dan menantang. Kita harus melakukannya. Kita akan memimpikan hal-hal indah untuk negara kita dan kembali sukses.

Saya ingin mengatakan pada seluruh dunia bahwa kami akan selalu mengedepankan kepentingan Amerika, kami akan memperlakukan semuanya dengan adil, semuanya.

Semua orang dan seluruh negara. Kami akan menemukan kesamaan, bukan permusuhan. Kerjasama, bukan konflik. Dan saat ini saya ingin mengucapkan terima kasih untuk orang-orang yang telah membantu saya menciptakan malam dan kemenangan yang sangat bersejarah ini.

Pertama-tama, saya ingin berterima kasih pada orang tua saya, yang saya tahu sedang melihat saya dari atas sana. Orang-orang yang baik. Saya belajar banyak dari mereka. Mereka sangat luar biasa dalam segala hal. Saya juga ingin berterima kasih pada saudara-saudara saya yang ada di sini, Marianne dan Elizabeth yang ada bersama kita saat ini. Mereka di mana? Mereka ada di suatu tempat. Mereka sebenarnya sangat pemalu.

Dan adik saya Robert, teman baik saya. Di mana Robert? Di mana Robert?

Adik saya Robert, seharusnya berada di panggung ini tapi tidak apa. Mereka sangat baik. Dan juga almarhum adik saya, Fred. Pria yang baik. Keluarga yang luar biasa. Saya sangat beruntung.

Kakak, adik, dan orang tua yang sangat luar biasa. Untuk Melania, Don, Ivanka, Eric, Tiffany, dan Barron, saya mencintai kalian dan saya berterima kasih, terutama karena telah bersedia bekerja keras. Ini perjuangan yang tidak mudah.

Ini sulit. Hal politis ini sangat buruk dan sulit. Jadi saya ingin berterima kasih pada keluarga saya. Sangat luar biasa. Terima kasih semuanya. Terima kasih semuanya. Lara, pekerjaan yang sangat baik. Sulit dipercaya. Vanessa, terima kasih. Terima kasih banyak. Grup yang sangat baik.

Kalian semua telah memberikan dukungan yang menakjubkan dan saya akan mengatakan bahwa kita memiliki jumlah orang yang banyak. Kalian tahu, mereka bisa mengatakan kita memiliki staf yang kecil. Tidak terllau kecil. Lihat orang-orang yang kita miliki, lihat semua orang yang ada di sini.

Kellyane, Chris, Rudy, Steve, dan David. Kita memiliki banyak orang berbakat di sini dan saya akan mengatakan bahwa ini sangat spesial.

Saya ingin mengucapkan terima kasih khusus untuk mantan walikota Rudy Giuliani. Dia sulit dipercaya. Sulit dipercaya. Dia ikut berkeliling bersama kita dan dia telah melakukan rapat-rapat, dan Rudy tidak pernah berubah. Di mana Rudy? Di mana dia?

Gubernur Chris Christie juga sangat luar biasa. Terima kasih, Chris. Dia sangat dihormati di Washington karena dia sangat cerdas.

Senator Jeff, di mana Jeff? Pria yang baik, saingan yang sulit. Siapa itu yang baru saja hadir? Apa itu Rudy?

Di atas sini. Benar-benar teman bagi saya, tapi pada awalnya saya mengenalnya sebagai saingan karena dia salah satu orang yang beregosiasi untuk melawan Demokrat, Dr. Ben Carson. Di mana Ben? Ngomong-ngomong, Mike Huckabee juga ada di sini, dan dia luar biasa. Mike dan keluarganya, Sarah, terima kasih banyak. Jenderal Mike Flynn, di mana Mike? Dan Jenderal Kellog. Kita punya lebih dari 200 jenderal dan laksamana yang mendukung kampanye ini dan mereka adalah orang-orang yang spesial. Kita memiliki 22 orang dengan medali kongres. Seseorang yang, menurut kabar, tidak akur dengan saya. Saya tidak pernah sedetik pun bertengkar dengannya. Dia adalah Reince. Saya tahu, Reice adalah seorang bintang. Saya pernah mengatakan, mereka tidak bisa memanggilmu bintang, Reince, kecuali kita menang. Reince adalah seorang bintang dan dia adalah pria palng pekerja keras. Reince, naik lah ke sini. Ke sini, Reince.

Ini adalah waktunya Anda melakukan yang benar. Nah, sekarang katakan sesuatu.

[Reince Priebus: Para hadirin, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump! Terima kasih. Ini adalah suatu kehormatan. Tuhan memberkati. Terima kasih Tuhan.]

Pria yang luar biasa. Kerja sama kami di rNC sangat penting untuk kesuksesan ini dan dengan apa yang telah kami lakukan, saya juga harus mengatakan, saya berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang yang luar biasa.

Orang-orang dari Secret Service. Mereka sangat kuat, cerdas, tajam, dan saya tidak ingin mengacau di dekat mereka. Dan ketika saya ingin pergi dan melambaikan tangan ke orang-orang, kemudian mereka menyuruh saya kembali dan memaksa saya duduk, namun mereka adalah orang-orang yang luar biasa sehingga saya ingin berterima kasih kepada Secret Service.

Dan para penegak hukum di New York, mereka ada di sini malam ini. Ini adalah orang-orang yang mengagumkan, namun sayangnya sering kali kurang mendapatkan apresiasi, namun untuk benar-benar menciptakan sejarah, kita harus melakukan pekerjaan yang baik dan saya berjanji saya tidak akan mengecewakan. Kami akan bekerja dengan baik. Kami akan bekerja dengan baik. Saya tidak sabar untuk menjadi presiden untuk Anda.

Dan mudah-mudahan dalam dua tahun atau tiga tahun atau empat tahun atau mungkin dalam delapan tahun ke depan Anda akan mengatakan bahwa banyak dari kalian yang telah bekerja keras, melakukan sesuatu yang membanggakan Anda. Terima kasih banyak.

Dan saya hanya dapat mengatakan bahwa, meskipun kampanye telah berakhir, namun pekerjaan kita dalam gerakan ini baru saja dimulai. Kita akan segera mulai bekerja untuk warga Amerika dan kita akan segera melakukan pekerjaan yang, semoga, akan membuat Anda bangga dengan presiden Anda. Anda juga akan merasa bangga. Sekali lagi, ini adalah kehormatan bagi saya.

Ini merupakan malam yang menakjubkan. Dua tahun ke belakang adalah waktu yang luar biasa dan saya mencintai negeri ini. Terim kasih.

Terima kasih banyak. Terima kasih untuk Mike Pence.”

sumber pidato donald Trump Rappler.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design