0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Pelajaran dari Pidato “Kasar” Ahmad Dhani

Ahmad Dhani saat ikut aksi 4 nov 2016

Tanggal 4 November 2016 menjadi momen penting bagi Indonesia, yakni adanya aksi damai masyarakat memprotes Basuki Cahaya Purnama alias Ahok yang diduga menistakan Al Quran dan ulama pada sebuah acara di Kepulauan Seribu.

Ada satu hal menarik, yakni informasi mengenai pidato artis terkenal Ahmad Dhani yang mengucapkan kata-kata kasar pada presiden Jokowi. Kita bisa belajar dari pengalaman ini.

Pertama, pidato itu memiliki etika, apalagi jaman sekarang dimana semua kegiatan tokoh terkenal ada yang merekam melalui kamera. jelas sekali bahwa di video itu ada suara “mirip” ahmad Dhani yang menghujat presiden Jokowi dengan kata-kata yang tidak pantas.

Kedua, bagi seorang pejabat atau tokoh publik, pidato apapun perlu persiapan. Meskipun naskah pidato itu belum tentu dan tidak harus dibaca, namun persiapan naskah itu penting. Tidak semua pejabat membaca text pidato, tapi mereka membaca teks pidato yang disiapkan dan langsung hafal di luar kepala, point-point apa yang harus disampaikan. Pada saat tertentu yang sifatnya santai pejabat lebih cocok menyampaikan sambutan atau pidatonya tanpa teks. Dalam hal ini teks sebaiknya tetap disiapkan sehingga jika ada yang lupa bisa langsung mengecek bagian mana yang harus segera disampaikan.

Ketiga, tokoh masyarakat atau pejabat harus memilih kata yang tepat. Jika mau mengkritik pakailah bahasa yang pas dan tidak membuat blunder bagi dirinya. Di masa kemerdekaan, kata-kata keras Bung Karno diperlukan karena masa itu, pimpinan tertinggi negara harus membakar semangat masyarakat. Misalnya ” Amerika Kita Seterika, Inggris Kita Linggis”.

Ini kata-kata keras, namun tidak melecehkan. Dan cocok dengan suasana saat itu. Namun kata-kata Ahmad Dhani dengan mengatakan Jokowi “anj….” itu jelas sebuah penghinaan yang justru membuat nama Ahmad Dhani sendiri menjadi jelek.

teks pidato, naskah pidato, teks paskah pidato, sambutan panitia

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design

Warning: require_once(/home/gfkqgwhi/public_html/2f600b63b3d26fd714bbd70a22af6176ff62659d/promo.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/gfkqgwhi/public_html/wp-content/themes/zeebusiness/footer.php on line 41

Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/gfkqgwhi/public_html/2f600b63b3d26fd714bbd70a22af6176ff62659d/promo.php' (include_path='/home/gfkqgwhi/public_html/wp-content/plugins/official-google-site-verification-plugin/external/php-client::.:/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/share/pear') in /home/gfkqgwhi/public_html/wp-content/themes/zeebusiness/footer.php on line 41