0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Sambutan Ketua Umum Organisasi Tingkat Nasional

Pada tanggal 16-18 Februari 2016 yang lalu Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) menyelenggarakan Munas pertama di The 7th Hotel, Bandar Lampung. Munas dihadiri oleh anggota dan pengurus Gapuspindo dari berbagai daerah. Salah satu keputusan Munas adalah terpilihnya Hafid Wahyu sebagai Ketua Dewan Gapuspindo masa bakti 2016-2019.

Pada hari kedua Munas, diselenggarakan seminar nasional peternakan sapi potong yang menghadirkan Dirjen Peternakan Muladno, Deputy Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Musdalifah machmud, Pakar Ekonomi Bustanul Arifin. Para ketua asosiasi peternakan , kepala dinas peternakan dan kalangan perguruan tinggi serta peneliti juga hadir meramaikan acara.

Bagaimanakah seorang ketua terpilih menyampaikan pidatonya pada pembukaan seminar nasional ? Silakan simak berikut ini.

Hafid Wahyu, Ketua Dewan Gapuspindo

Yang Kami hormati,

Bapak Gubernur Provinsi Lampung Bapak Muhammad Ridho Ficardo, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Ibu Ir. Desi Desmaniar Romas

Bapak Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Prof Muladno beserta staf

Deputy Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Ibu Musdhalifah Machmud

Pakar Ekonomi Prof Bustanul Arifin.

Moderator seminar Dr. Rochadi Tawaf

Para pimpinan asosiasi bidang peternakan

Para Pimpinan Fakultas Peternakan dari berbagai perguruan tinggi

Para pimpinan lembaga pemerintah dari Pusat maupun daerah

Para peserta seminar,

Para tamu undangan dan hadirin yang berbahagia

Assalamualaikum wr wb,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji Syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa dimana pada hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka pelantikan dewan GAPUSPINDO dan seminar nasional GAPUSPINDO.

Pada tanggal 5 Nopember 2015 yang lalu Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (Apfindo) menyelenggarakan Munas Luar Biasa (Munaslub) yang dihadiri oleh pengurus dan anggota Apfindo dari seluruh Indonesia. Munaslub membahas penyempurnaan AD/ART organisasi yang salah satu keputusannya adalah melakukan perubahan nama organisasi dari Apfindo menjadi Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo).

Perubahan nama tersebut dilakukan karena adanya perubahan fundamental organisasi yang semula hanya beranggotakan perusahaan penggemukan sapi (feedlot) dengan bakalan impor, menjadi lebih luas dengan beranggotakan semua pelaku usaha dalam industry peternakan termasuk sapi potong lokal.

Setelah dilakukan Munaslub, maka sesuai dengan amanah AD ART organisasi, maka Gapuspindo perlu segera melaksanakan Munas. Tim Pengarah memutuskan Lampung sebagai lokasi Munas pertama Gapuspindo, karena daerah ini adalah salah satu lumbung ternak nasional. Selain itu, propinsi Lampung bisa menjadi role model untuk pengembangan industry peternakan sapi potong di indonesia.

Bapak ibu dan hadirin yang kami hormati,

Pada hari Selasa kemarin, tanggal 16 Februari 2016 telah berlangsung acara inti Munas pertama Gapuspindo yang diikuti oleh semua anggota GAPUSPINDO dari berbagai daerah. Munas telah menghasilkan ketetapan tentang :

    1. Pengesahan Program Kerja GAPUSPINDO
    2. Pengesahan Budget Periode 2016
    3. Pemilihan Dewan GAPUSPINDO masa bhakti 2016 – 2019

Sesuai dengan AD/ART, Munas Gapuspindo memilih 12 orang dari anggota yang ditetapkan sebagai Dewan Gapuspindo. Dewan inilah yang selanjutnya bermusyawarah untuk memilih Ketua Dewan.

Saya berdiri di sini karena dipercaya sebagai Ketua Dewan Gapuspindo untuk periode 2016-2019. Ini merupakan amanah yang cukup berat, namun saya yakin dan percaya dengan kekompakan dan kerjasama dari seluruh anggota dan pengurus, beban berat ini bisa dijalankan dengan baik. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami.

Bapak ibu dan hadirin yang kami hormati,

Sebagai tindaklanjut dari pemilihan Dewan, pada hari ini dilakukan pelantikan dewan GAPUSPINDO periode 2016-2019 sekaligus seminar nasional. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan yang telah bersedia meluangkan waktu untuk melantik kami sekaligus menjadi pembicara seminar.

Mempertimbangkan situasi perkembangan agribisnis sapi potong terkini, Gapuspindo menetapkan tema Munas dan seminar nasional sebagai berikut:

“Meningkatkan Produktivitas Agribisnis Sapi Potong

yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan di Era Global”

Seminar ini menghadirkan pembicara seminar yang kompeten di bidangnya yakni Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Prof. Muladno, Pakar Ekonomi Prof. Bustanul Arifin serta Deputi Bidang Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Ir. Musdhalifah Machmud, MT. Seminar akan dipandu oleh Dr Rochadi Tawaf.

Syukur alhamdulilah seminar nasional ini diikuti oleh berbagai lembaga pemerintah maupun swasta dari berbagai daerah,  yaitu anggota Gapuspindo , peternak binaan anggota Gapuspindo, para pimpinan asosiasi bidang peternakan dan kesehatan hewan, Kepala Dinas Peternakan dari beberapa provinsi, Dekan Fakultas Peternakan dari beberapa perguruan tinggi, pejabat eselon 2 di lingkungan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala  UPT dan lembaga penelitian bidang peternakan, Kementerian Perdagangan serta Kementerian Koordinator  Perekonomian. Diharapkan seminar ini dapat menghasilkan gagasan yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas sapi potong Indonesia khususnya serta mengembangkan industry peternakan sapi potong Indonesia secar. Umum, sehingga semakin mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik dan terjangkau.

Agenda lanjutannya,  nanti sore diadakan ramah-tamah dengan peternak binaan. Kemudian acara  besok sebagai penutup rangkaian Munas adalah field trip ke peternakan sapi potong yang telah ditetapkan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, untuk melihat langsung situasi pengembangan usaha peternakan sapi potong di wilayah Lampung.

Dapat kami sampaikan pada hari ini telah hadir para peternak binaan dari berbagai daerah yang  akan bergabung dalam organisasi Gapuspindo. Anggota Gapuspindo beserta peternak binaan memiliki misi yang sama dalam membangun usaha sapi potong di Indonesia. Ini merupakan langkah maju bagi pelaku usaha untuk mengembangkan industry peternakan sapi potong Indonesia.

Kami berharap dengan perkembangan yang sangat positif ini, Pemerintah dapat  terus mendukung upaya kami untuk mengembangkan usaha sapi potong melalui kebijakan yang konsisten dan berpihak kepada para pelaku usaha sapi potong Indonesia.

Bapak ibu dan hadirin yang kami hormati,

Sebelum acara MUNAS I Gapuspindo, panitia lokal yang dipimpin oleh saudara Didiek Purwanto telah menyelenggarakan berbagai kegiatan antara lain lomba asal terampil dan berbagai kegiatan lainnya.

Kami melihat kegiatan telah berjalan dengan sukses dan mendapat respon positif dari kalangan peternak sapi, Pemda Provinsi Lampung, Dinas Peternakan serta media masa. Untuk itu kami mengucapkan selamat dan terima kasih atas kerja keras panitia lokal.

Atas telah berjalannya MUNAS GAPUSPINDO, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung antara lain:

  1. Jajaran Kementerian Pertanian khususnya Ditjen Peternakan
  2. Jajaran Kementerian Perdagangan
  3. Para pimpinan organisasi peternakan
  4. Para anggota dewan GAPUSPINDO
  5. Pelaksana harian, dalam hal ini Direktur Eksekutif beserta staf
  6. Segenap panitia MUNAS I baik di pusat maupun di Lampung, termasuk Gita Event Organizer/majalah Infovet  yang ikut menjadi tim pelaksana MUNAS I ini.
  7. Para anggota yang senantiasa aktif dalam berbagai kegiatan.

Kami harapkan seminar ini menghasilkan rekomendasi yang dapat diimplementasikan oleh pemerintah maupun masyarakat dan pelaku usaha untuk meningkatkan produktivitas sapi potong yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Demikian sambutan kami, selamat mengikuti seminar, semoga kesuksesan dan keberkahan selalu dikaruniakan kepada kita.

Kami mohon Bapak Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili Ibu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ibu Ir. Ir. Desi Desmaniar Romas untuk membuka acara seminar nasional ini.

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bandar Lampung, 17 Februari 2016

Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia

(GAPUSPINDO)

 

 

Hafid Wahyu

Ketua Dewan

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design

Warning: require_once(/home/gfkqgwhi/public_html/2f600b63b3d26fd714bbd70a22af6176ff62659d/promo.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/gfkqgwhi/public_html/wp-content/themes/zeebusiness/footer.php on line 41

Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/gfkqgwhi/public_html/2f600b63b3d26fd714bbd70a22af6176ff62659d/promo.php' (include_path='/home/gfkqgwhi/public_html/wp-content/plugins/official-google-site-verification-plugin/external/php-client::.:/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/share/pear') in /home/gfkqgwhi/public_html/wp-content/themes/zeebusiness/footer.php on line 41