0816 482 7590. Ahli dan berpengalaman menyusun teks naskah pidato dan sambutan, ahlinaskahpidato@gmail.com

Belajar Dari Naskah Pidato dan Cara Pidato Presiden Jokowi di APEC 2014 Tiongkok

Artikel berikut ini saya kutip dari presentasi.net

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) membuat headline di berbagai media ketika tampil dalam forum APEC CEO Summit, 10 November 2014 di Tiongkok. Presiden Jokowi adalah satu diantara sedikit pemimpin negara dunia yang mendapat kesempatan khusus untuk berbicara di forum yang juga dihadiri ratusan CEO perusahaan-perusahaan di dunia.

Tidak seperti yang diduga banyak orang, Presiden Jokowi tidak sekedar memberikan pidato, melainkan melakukan presentasi lengkap dengan slide yang visual sesuai kaidah presentasi yang baik. Dia juga memaparkan presentasinya tanpa teks.

Dalam tulisan berikut ini, saya akan membedah presentasi Presiden Jokowi dan apa yang dapat kita pelajari dari presentasi tersebut. Sebelum Anda membaca ulasan lengkapnya, silakan saksikan terlebih dahulu video berdurasi 13 menit di bawah ini untuk mendapatkan gambaran dan suasana langsung bagaimana presentasi tersebut disampaikan.

Anda juga bisa mendownload video presentasi dan transkrip berbahasa Inggris untuk referensi. Klik kanan lalu save as.

>> Download Video Presentasi Presiden Jokowi di APEC 2014 (SD) – 41 MB>> Download Transkrip Pidato dan Presentasi Presiden Jokowi di APEC 2014 dalam bahasa Inggris – PDF

Dan inilah 12 pelajaran dari pidato dan presentasi Presiden Jokowi yang dapat dipetik oleh setiap presenter:

 

1. Buka presentasi dengan menjelaskan maksud dan tujuan

Presiden Jokowi memulai presentasinya dengan menyampaikan kalimat berikut:

Ladies and gentlemen. All CEOs. Good morning.

First, on behalf of Indonesian government and the people of Indonesia, I would like to thank you for your coming to my presentation.

Today, I am happy. I am very happy to be with you.

Because you know, I was a businessman, a year ago. So, this morning I am very happy because we can talk about business, about investment with all of you.

Jika kita perhatikan kalimat di atas, maka Anda akan bisa dengan cepat menangkap tujuan dari presentasi ini adalah tentang bisnis dan investasi.

Apalagi ketika secara khusus Presiden Jokowi menyapa para CEO, menunjukkan bahwa presentasi ini terutama ditujukan buat mereka.

Tidak hanya itu, Jokowi secara cerdik membangun rapport dengan audiensnya dengan menyampaikan bahwa dia juga dulu seorang pebisnis. Cara ini menciptakan kesamaan antara presenter dengan audiens. Kita akan senang mendengarkan cerita dari orang yang memiliki kesamaan dengan kita.

Presiden Amerika Barrack Obama juga seorang yang sangat piawai dengan teknik membangun rapport lewat kesamaan dengan audiensnya.

 

2. Berikan gambaran umum di awal presentasi

Presiden Jokowi melanjutkan presentasinya dengan memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dia bahas yakni kesempatan berbisnis di Indonesia.

Dia memberi gambaran tentang Indonesia: populasi yang besar, wilayah yang luas terbentang, dan budget nasional (APBN) yang juga besar namun memiliki keterbatasan karena sebagian digunakan untuk subsidi BBM.

Lewat gambaran umum ini, Presiden Jokowi ingin memberikan gambaran mengapa Indonesia membutuhkan investor untuk berpartisipasi.

 

3. Gunakan slide yang sederhana dan visual

Jika Anda perhatikan slide-slide yang digunakan Presiden Jokowi, Anda akan melihat semua slide berisi gambar dengan teks singkat yang sederhana. Inilah kaidah slide presentasi yang baik.

Sederhana –> gunakan sedikit kata yang mewakili pokok pikiran Anda

Visual –> gunakan visualisasi yang tepat sehingga audiens mudah membayangkan apa yang Anda sampaikan. Dalam kasus ini, Presiden Jokowi menggunakan banyak gambar aktual tentang Indonesia. Dengan demikian, slide-nya berfungsi sebagai komunikasi visual yang baik.

Kontras –> gunakan penekanan pada aspek tertentu yang menjadi fokus perhatian.

 

4. Gunakan bahasa yang sederhana

Presiden Jokowi juga mampu menyampaikan presentasinya dengan bahasa sederhana.

Bahasa yang mudah dipahami semua kalangan mulai dari kaum terpelajar sampai masyarakat umum. Beberapa pengamat mengatakan Presiden Jokowi menggunakan “simple and plain English”.

Ingat, kehebatan seorang presenter tidak terletak pada bahasa yang rumit, jargon-jargon khusus yang hanya dipahami kalangan tertentu. Kekuatan presentasi justru terletak pada bahasa yang sederhana sehingga sebuah isu kompleks bisa dicerna dengan mudah.

Banyak orang pintar gagal berkomunikasi karena tidak bisa membahasakan kepintaran yang dimilikinya menggunakan bahasa yang mudah dicerna orang banyak.

Albert Einstein mengatakan, “Jika Anda tidak dapat menjelaskan sesuatu dengan bahasa sederhana, itu artinya Anda belum memahami apa yang sedang Anda jelaskan.”

 

5. Tampil dengan penuh percaya diri

Jika kita lihat gesture dari Presiden Jokowi, beliau tampak cukup rileks dan tampil percaya diri.

Karena menggunakan slide sederhana dan visual, dia dapat menjelaskan isi presentasinya dengan mudah. Dia bebas berekspresi untuk menjelaskan maksud dari setiap gambar yang ditampilkan.

Dengan cara ini pula, dia dapat tampil tanpa teks bahkan di forum sebesar APEC CEO Summit.

Ingat, bahkan setiap pembicara hebat sekalipun mengalami grogi ketika tampil.

Menggunakan slide yang sederhana dan visual sekaligus berfungsi sebagai catatan buat sang Presiden sehingga membantunya untuk mengingat apa yang harus dijelaskan pada bagian tersebut.

 

6. Otentik

Presiden Jokowi tampil apa adanya sebagaimana gaya naturalnya. Dia tidak berusaha menjadi orang lain.

Faktor otentik ini menciptakan daya tarik tersendiri dari presentasi beliau.

Anda boleh saja belajar dari para presenter besar dan hebat.

Namun ingat, Anda pun harus tampil alami, original, sebagaimana gaya natural Anda. Karena disanalah terletak kekuatan terbesar yang membedakan Anda dari orang lain.

 

7. Gunakan bahasa asing dengan tenang, percaya diri dan tempo yang lebih lambat

Berbicara di depan publik dengan bahasa ibu tidaklah mudah. Apalagi jika harus menggunakan bahasa asing.

Dalam hal ini Presiden Jokowi tampil percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris. Memang bahasa Inggris beliau kurang sempurna. Namun beliau tetap menjelaskan dengan penuh semangat dan antusias.

Ingat, Anda tidak dilahirkan di Inggris atau pernah tinggal di negara tersebut untuk waktu yang lama. Sangat wajar jika bahasa Inggris yang Anda kuasai tidak sebaik penutur aslinya.

Mirip seperti orang asing yang menggunakan bahasa Indonesia. Mereka pun menggunakan aksen dari negaranya masing-masing.

Ketika bekerja di organisasi lintas negara di sebuah perusahaan multinasional, saya juga sangat terbiasa mendengarkan rekan-rekan India berbahasa Inggris dengan aksen India. Rekan-rekan dari Singapura berbahasa Inggris dengan campuran Singlish-nya yang terkenal. Rekan-rekan dari Belanda dengan aksen Belanda-nya yang kuat dan berat. Rekan-rekan dari Vietnam dan China berbahasa Inggris dengan aksen yang mirip bahasa Mandarin atau bahasa Vietnam yang mengalun-alun.

Tidak ada yang mempermasalahkan aksen mereka. Itu adalah bagian dari identitas Anda. Selama bahasa Anda jelas dan dapat dimengerti, tidak ada masalah dalam komunikasi.

Karena itu, jika Anda menggunakan bahasa asing dalam presentasi di mana Anda tidak bisa berbicara dengan lancar seperti bahasa Ibu Anda, berbicaralah dengan tempo yang sedikit lebih lambat dan ucapkan setiap kata dengan lengkap.

Dengan cara ini, meskipun pengucapan (pronounciation) Anda kurang sempurna, apa yang Anda sampaikan tetap dapat dimengerti oleh orang lain.

Orang lain pun akan mengapresiasi usaha Anda untuk berbicara dalam bahasa asing sehingga mereka dapat mengerti.

 

8. Gunakan perbandingan agar audiens mudah membayangkan apa yang Anda sampaikan

Dalam presentasinya, Presiden Jokowi menggunakan perbandingan sehingga audiens mudah membayangkan apa yang dia jelaskan. Terutama buat audiens yang belum mengetahui lebih detail tentang topik yang dibahas.

Misalnya ketika dia berbicara:

The picture shows you our map of Indonesia. We have population 240 million and the distance is like from London in UK to Istanbul in Turkey.

Lewat kalimat tersebut, dia ingin menjelaskan buat orang yang belum tahu Indonesia bahwa saking luasnya, jika ditarik dari Sabang ke Merauke akan sama dengan jarak dari kota London di Inggris ke kota Istanbul di Turki.

Juga ketika dia menjelaskan perbandingan harga semen antara Jawa dengan Papua.

For example the price of the cement, 1 sack cement in Java island is 6 USD per sack cement but in Papua island the price is 150 USD per sack cement. Imagine, 25 times.

Ketika menjelaskan data atau fakta, tidak semua audiens bisa membayangkan data tersebut dalam konteks.

Dengan perbandingan, dalam hal ini penegasan bahwa harga di Papua 25 kali harga di Jawa, audiens dengan cepat bisa membayangkan betapa besar perbedaan harga tersebut.

 

9. Hindari jargon dan gunakan istilah yang mudah dipahami

Jargon adalah kata-kata khusus atau istilah teknis yang biasanya hanya dipahami oleh kalangan tertentu.

Ketika Anda berbicara di forum besar di mana audiens berasal dari berbagai kalangan, penggunaan jargon bisa menghambat komunikasi karena belum tentu semua audiens paham dengan istilah yang Anda pakai.

Presiden Jokowi secara cerdas menghindari jargon dan menggunakan hanya kata-kata sederhana. Termasuk ketika menjelaskan tentang agenda maritim di mana dia memperkenalkan Tol Laut (Sea Toll).

Now we talk about our maritime agenda.

We want to build sea toll.

What is sea toll?

Sea toll is maritime transportation system. To make our transportation cost lower, to make our transportation cost more efficient.

We want to build from the west to the east. We hope not only the vessel can enter our sea toll but also mother vessel can enter the sea toll.

Perhatikan kalimat di atas. Sangat sederhana dan to the point untuk menjelaskan konsep baru dengan cepat.

 

10. Gunakan cerita untuk menciptakan hubungan personal

Presiden Jokowi juga menggunakan sebuah cerita dalam presentasinya sehingga menciptakan hubungan yang lebih pribadi dengan audiens.

Inilah caranya menjelaskan bagaimana dia menyelesaikan permasalahan jalan tol di Jakarta. Dia bahkan menunjukkan gambar dirinya ketika sedang berkumpul dengan para warga.

I have experience in land acquisition. When I was a governor, we have project Jakarta Outer Ring Road (JORR) started 15 years ago but it stopped 8 years ago because we have problem here. One and half KM unfinished because there are 143 families do not accept the compensation price.

So last year, I invited them. I go to the ground and I invite them for lunch and dinner. Four times. Ah, this is me (applause). I invited them and then we talked about the problem. Four times meeting. And the problem is clear. And now the toll road has been used 7 months ago.

 

11. Gunakan pengulangan yang relevan untuk penekanan

Karena berbicara di hadapan ratusan CEO dengan topik investasi. Presiden Jokowi menyampaikan 5 kali kalimat yang sama pada tempat yang berbeda untuk memberi penekanan. Kalimat tersebut adalah “this is your opportunity”.

Berikut adalah 5 tempat di mana Bapak Presiden Joko Widodo mengulang kalimat tersebut.

In 5 years, we want to build 24 seaports and deep seaports as you know we have 17000 islands so we need seaports and deep seaports. So this is your opportunity. 24 seaports and deep seaports.

This is the potential port in Indonesia. This is your opportunity. We want to build in Sumatra island, in Kalimantan island, in Java island, in Sulawesi island, in Maluku island and also in Papua island.

And we plan to build our railway track, railway network. Now we have already in Java. We want to build in Sumatra island, in Kalimantan island, in Sulawesi island, and also in Papua island. This is your opportunity.

Now we talk about mass transportation. We want to build our mass transportation in 6 big cities in Indonesia. We have started in Jakarta last year and we want to build in Medan, in Makassar, in Semarang, in Bandung and in Surabaya. So this is also your opportunity. Because you know our national budget is limited.

Electricity. We need power plant. We need around 35.000 megawatts to build our industry. To build our project. To build our industrial zone, our manufacturing zone. So we need power plant. This is also your opportunity to invest in this project because we need our power plant for manufacturing and industrial zone.

Melihat pengulangan tersebut, saya jadi teringat dengan teknik anaphora yang digunakan Marthin Luther King dalam pidato terkenalnya, “I have a dream.” Secara khusus dia mengulang frase yang sama beberapa kali sehingga kata-kata tersebut terngiang di telinga audiens.

Sama halnya dengan yang dilakukan Presiden Jokowi, kalimat “this is your opportunity” pun akan terngiang di telinga audiens terutama yang menjadi sasaran khusus yakni para CEO.

 

12. Gunakan call to action untuk menutup presentasi dengan pesan yang kuat

Kekuatan presentasi terletak pada pembukaan yang mampu menarik perhatian audiens dan penutupan yang kuat dan mudah diingat.

Presiden Jokowi menggunakan “call to action”, sebuah ajakan untuk bertindak ketika menutup presentasinya.

We are waiting for you to come to Indonesia. We are waiting for you to invest to Indonesia.

Karena di awal dia sudah menjelaskan maksud untuk berbicara tentang bisnis dan investasi, maka di akhir presentasi dia juga menyampaikan ajakan untuk datang dan berinvestasi.

Menghubungkan antara pembukaan presentasi dengan penutupan presentasi akan membungkus seluruh pesan presentasi Anda dengan kuat.

 

Penutup

Itulah 12 pelajaran yang bisa kita ambil dari presentasi Presiden Jokowi. Buat Anda para presenter, terapkan 12 pelajaran tersebut dan presentasi Anda akan tampil memukau.

Jangan lupa untuk terus berlatih sehingga Anda tampil percaya diri termasuk ketika harus presentasi menggunakan bahasa Inggris seperti yang dilakukan oleh Bapak Presiden kita.

Bagaimana menurut Anda?

– See more at: http://www.presentasi.net/pidato-presentasi-presiden-jokowi/#sthash.CPhduqGO.dpuf

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly using Dynamic Headers by Nicasio WordPress Design